Halaman

Daftar Blog Saya

  • semangatku - ada setitik harapan yang ingin ku ubah jadi sehamparan lautan ada secuil semangat yang ingin ku ubah menjadi segunung impian hmmm, semua inginku hanya mimpik...
    12 tahun yang lalu
  • - Cinta adalah misteri dalam hidupku... yaNg Tak PeRnaH ku Tau akiRnya.. NamUn Tag SePertI cInta Ku Pada DiRimu.. yaNg Harus TergenaPi Dalam kiSah Hidup kU......
    14 tahun yang lalu
  • LUPH - I LOVE FAMILY
    14 tahun yang lalu

Rabu, 09 Mei 2012

My Straight News 4


Kulminasi Tetap Ditunggu

Tugu Khatulistiwa Tetap Ramai Pengunjung
Pontianak – Jumat siang (23/3), tugu khatulistiwa dipadati pengunjung. Ramainya pengunjung yang datang dikarenakan orang-orang tersebut ingin menyaksikan fenomena alam yaitu titik kulminasi yang terjadi pada jumat siang pukul 11.42 WIB. Suasana menjadi ramai dan menyerukan, teriknya matahari tidak mengalahkan semangat pengunjung yang datang untuk menyaksikan fenomena titiik kulminasi itu.
“titik kulminasi terjadi selama 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September yang terjadi tepat pada tanggal 22- 23” ujar seorang ibu yang merupakan petugas dari tugu khatulistiwa yang bernama Sutami. Pada tahun-tahun sebelumnya dalam rangka menyambut titik kulminasi selalu diadakan berbagai acara yang diselenggarakan oleh panitia setempat. Dalam acara tersebut juga hadir para pejabat seperti bapak gubernur, bapak bupati, bapak walikota, dan sebagainya.
” untuk tahun ini tidak diadakan acara seperti biasanya dikarenakan bertepatan dengan UAN sekolah, acara tersebut akan diadakan pada bulan September dan akan dihadiri oleh para pejabat” tutur bapak Kasnawi yag merupakan salah satu petugas pemandu wisata UPTD objek wisata kota Pontianak. “jika pada hari-hari biasa, pengunjung yang datang sekitar lima puluh sampai tujuh puluh orang jika pada hari seperti ini yaitu ada fenomen titik kulminasi dan diadakan berbagai acara, pengunjung yang datang sekitar seribu bahkan seribu lebih. Akan tetapi untuk hari ini dari pukul 07.30- 11.25  WIB pengunjung berjumlah 586 0rang” tambah seorang bapak yang menggunakan baju batik biru itu.
Meskipun tidak diadakan berbagai acara seperti tahun sebelumnya, titik kulminasi tetap ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang datang ke tugu Khatulistiwa. “ titik kulminasi sudah terjadi dua hari yang lalu tetapi hari ini yang paling banyak pengunjung yang datang” ujar seorang wanita yang merupakan salah satu petugas yang bernama  R. A. Poniati Dewi, S.H., sambil menghitung jumlah pengunjung yang datang berdasarkan buku tamu.
“hari ini titik kulminasinya sekitar pukul 11.49 WIB tetapi tergantung juga dari panasnya sinar matahari, bisa terjadi lebih cepat atau  lama” ujar bapak Kasnawi. Fenomena titik kulminasi selalu ditunggu oleh Pengunjung. Pengunjung yang datang semakin ramai ketika siang hari dan sebagian besar dari pengunjung yang datang ingin menyaksikan kejadian titik kulminasi secara langsung. Pengunjung yang datang ke tugu khatulistiwa dari berbagai kalangan, dari anal kecil, remaja bahkan kakek nenek. Akan tetapi, ada juga beberapa pengunjung yang datang hanya sekadar melihat-lihat tugu asli khatulistiwa yang terdapat dalam suatu ruangan yang menyajikan tulisan dan foto mengenai asal muasal tugu khatulistiwa. Tugu khatulistiwa menjadi ramai dan menyerukan. Ditambah lagi dengan adanya acara puncak yang ditunggu-tunggu pengunjung yaitu titik kulminasi. Tepat pada pukul 11.42 WIB, pada 0o C, titik kulminasi pun disaksikan oleh pengunjung yang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar